Selain Gudeg 5 Makanan Ini Bisa Kamu Jadikan Oleh-Oleh Saat Berkunjung ke Jogja

Gudeg adalah makanan khas dari Jogja yang punya cita rasa manis. Wisatawan biasa membeli Gudeg untuk dijadikan oleh – oleh buat keluarga di daerah asal mereka. Tapi jangan salah, Jogja punya banyak makanan lain yang bisa kamu jadikan oleh – oleh juga. Untuk rasanya kamu nggak perlu kuatir, karena dijamin enak dan kesan tradisional Jogjanya juga nggak hilang kok. Ini dia 5 makanan yang bisa kamu jadikan oleh – oleh dari Kota Jogja

1. Yangko

Ini dia yangko

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan dan dibalut dengan tepung gula, memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Yangko ini seperti kue mochi namun yang membedakan adalah Yangko memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan mochi. Yangko merupakan makanan khas daerah Kotagede, dimana dulunya Kotagede adalah ibukota dari Kerajaan Mataram Islam. Yangko atau kiyangko ini dulunya adalah makanan para raja atau priyayi, tidak sembarangan orang bisa menikmatinya. Saat ini Yangko sering dijadikan oleh – oleh para wisatawan dengan kisaran harga Rp 8.000 – Rp 15.000 dengan banyak varian rasa seperti durian, strawberry, melon.

2. Geplak

menarik ya warnanya

Geplak adalah salah satu makanan khas dari daerah Bantul. Dengan bahan dasar daging buah kelapa, makanan yang berbentuk bola – bola ini memiliki rasa yang manis. Dulu geplak sering dijadikan bahan pengganti nasi, karena banyaknya produsen kelapa dan tebu yang merupakan bahan dasar pembuatan geplak ini. Dengan warna – warna yang menarik dan berbagai aroma geplak banyak menarik para pembeli untuk mencicipi panganan manis ini. Geplak ini banyak tersedia di toko oleh – oleh di Jogja dan sudah sering dijadikan oleh – oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

3. Geblek

lucu ya bentuknya

Kalau makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari daerah Kulonprogo. Berbahan dasar tepung tapioka dan bumbu bawang geblek memiliki cita rasa gurih. Makanan ini berwarna putih dan berbentuk bulat seperti angka 8. Biasanya geblek ini dipasangkan dengan tempe benguk. Jika kamu berminat untuk menjadikan geblek sebagai oleh – oleh, kamu bisa membeli geblek yang masih mentah. Kemudian baru digoreng saat sudah siap dinikmati. Geblek yang masih mentah ini dapat bertahan 4 – 7 hari, selebihnya rasanya akan berkurang jika dimasak. Kamu bisa membeli geblekĀ  ini di toko oleh – oleh dan juga bisa berkunjung langsung ke daerah Kulonprogo jika kamu ingin membeli dari sentra produsennya secara langsung.

4. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk

Makanan yang satu ini juga berasal dari daerah Bantul. Peyek Tumpuk ini berbahan dasar tepung dan juga kacang, seperti peyek pada umumnya. Namun yang membedakan adalah bentuk dari peyek tumpuk yang cenderung bulat dan didominasi dengan kacang. Pembuatan peyek ini diprakarsai oleh Mbok Tumpuk sekitar tahun 1975, dan sentra pembuatannya terletak di Desa Palbapang, Bantul. Makanan ini dapat kamu peroleh dengan harga Rp 60.000 per kilonya. Dengan bahan – bahan berkualitas yang digunakan, harga ini sangat sepadan lho.

5. Jadah – Tempe

Makanan yang satu ini khas dari lereng Gunung Merapi yaitu wilayah Kaliurang. Jadah ini berbahan dasar ketan, dan tempe bacem merupakan pelengkap saat menikmati jadah ini. Makanan ini merupakan salah satu makanan kesukaan para raja hingga ke Sultan HB IX. Makanan ini dijual dengan kisaran harga Rp 10.000 – Rp 20.000. Kamu bisa membelinya di warung Jadah – Tempe Mbah Carik yang menyediakan beberapa menu paket untuk bisa kamu jadikan oleh – oleh.

Leave a Reply

tambo-co-id