Sabuk Kelapa lebih mudah diurai dengan Mobile Husk Crusher

Kelapa adalah buah yang banyak dicari dikala tenggorokan kita merasa membutuhkan kelegaan. Selain buahnya yang berkhasiat, air kelapa selalu menjadi andalan untuk dinikmati kesegarannya. Tidak hanya itu, berbagai bagian pada buah kelapa memiliki banyak manfaat lain yang mampu digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya adalah sabuk kelapa.

Gamawan

Sabuk kelapa memiliki beberapa kegunaan diantaranya pembuatan sapu ijuk, media pembakaran pengganti kertas, pembuatan pupuk organik, menetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang bar dibuat, pembuatan briket ramah lingkungan, pembuatan kerajinan tangan, pembuatan coconet, sebagai bahan baki spring bed, dan pembuatan keset. Ada banyak kegunaan yang dihasilkan dari sabuk kelapa. Namun, seringkali untuk mengurai sabuk kelapa kita mengalami kesulitan.

Gamawan

Mobile Husk Crusher menjadi solusi untuk mengurai sabuk kelapa dengan lebih mudah. Inovasi yang diciptakan oleh Gamawan Ananto, SST, MM, Fakhri Albaihaq Sofyan dan Maliki Nyakgam dari Politeknik Manufaktur Negeri Bandung membantu pengurai sabuk menjadi lebih cepat dan rapi. Secara khusus, produk ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan petani lokal. Namun, sebenarnya dapat digunakan siapa saja yang membutuhkan.
Mesin ini memiliki beberapa keunggulan karena ruang proses kulit kelapa yang bertahap. Proses pertama yang dilakukan adalah pelunakan kelapa. Kemudian tahap selanjutnya adalah proses penguraian dan tahap terakhir yaitu proses pendorongan sabuk kelapa. Hasil uji coba dan analisis menunjukkan blade yang digunakan pada tahap kedua memiliki sudut pukul sehingga sabut yang dihasilkan mampu terurai dengan baik dan bagus.

Leave a Reply

tambo-co-id