Makanan Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Ke Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Yogyakarta memang jadi salah satu kota yang kental dengan budayanya. Bukan cuma budaya Jawa ternyata di Jogja juga memperingati budaya Tionghoa. Ragam budaya yang dimiliki kota ini semakin membuat para wisatawan pensaran dengan kota gudeg ini.

Pekan Budaya Tionghoa salah satu keragaman yang dimiliki dari sekian banyak budaya yang ada di kota Jogja. Biasanya pekan budaya ini diselenggarakan satu minggu setelah Tahun Baru China atau biasa kita kenal Hari Raya Imlek. Nah di pekan budaya ini diselenggarakan kurang lebih satu minggu penuh buka pukuk 17.00 – 22.00 WIB. Banyak acara yang akan menemani kamu saat berkunjung ke sini. Kamu juga bisa mengisi perut saat kelaparan di sepanjang jalan utama Kampung Ketandan.

Kali ini Tambo bakal kasih list makanan apa aja sih yang bisa kamu jumpai di Pekan Budaya Tionghoa ini.

 

Sate Potehi

Sate ayam panjang ini bisa buat kamu ketagihan.

https://gudeg.net/read/9688/potehi-bukan-hanya-wayang-cuma-di-pbty.html

Sate Potehi ini aman untuk dikonsumsi

Sate Potehi ini berbahan dasar ayam. Jadi daging ini aman buat kamu makan tanpa terkecuali. Lucu ya kenapa bisa dinamai Potehi mungkin cara penyajian yang ditusuk ke atas dan bisa berdiri mirip dengan pertunjukan Boneka Potehi kali ya. Untuk satu tusuknya kamu cukup mengeluarkan yang 10.000 saja tidak terlalu mahal kan.

 

Es Kacang Merah

Makanan udah jangan lupa minuman yang satu ini.

https://cookpad.com/id/resep/3164571-es-kacang-merah

Es Kacang merah ini buat kamu merasa segar

Minuman yang satu ini bisa buat kamu nostalgia jaman dulu. Es kacang merah yang masih tradisional ini buat kamu kangen jaman-jaman dulu. Es kacang merah yang dipadukan dengan kuah santan ini bikin seger dan pastinya rasanya manis. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 – Rp 15.000 saja untuk mendapatkan satu mangkok Es Kacang Merah.

 

Bakcang

Kalau kamu belum tau Bakcang teksturnya mirip dengan makanan trasional Jawa, lemper.

https://www.pegipegi.com/travel/sejarah-makna-dan-tradisi-hari-bakcang-peh-cun/

Snack khas Tionghoa ini mirip seperti lemper lho

Makanan yang satu ini nggak boleh ketinggalan kalau kamu sedang merayakan Hari Raya Imlek. Makanan khas Tionghoa ini ada lho di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta. Kamu nggak perlu bingung membuat cukup mengeluarkan uang Rp 15.000 – Rp 20.000 kamu bisa merasakan rasa yang spektakuler. Tips dari Tambo jangan lupa tanya dulu sebelum beli ya, Bakcangnya isi daging ayam atau daging lainnya. Takutnya kamu nggak makanan daging yang lainnya.

 

Dimsum

Makanan yang bisa dijadikan cemilan ini hadir di Pekan Budaya Tionghoa lho.

https://www.nibble.id/blog/5-tempat-terbaik-untuk-makan-dim-sum-di-jakarta/

Dimsum juga jadi salah satu menu favorit di Kampung Ketandan

Makanan ini memang mudah ditemui di beberapa restaurant di kota kamu. Tapi special kalau kamu beli di Kampung Ketandan saat Pagelaran Budaya Tioghoa berlangsung. Suasana yang jarang kamu rasakan bakalan ada di sini. Kamu cukup mengeluarkan Rp 10.000/ 3 pcs saja. Murah kan untuk rasa ngga usah ditanya, pasti enak dan buat kamu ketagihan.

 

Sostel (Sosis Telor)

Inovasi terbaru juga hadir di Pekan Budaya Tionghoa Jogja lho…

https://www.youtube.com/watch?v=UzjXB3iWIeU

Sosis telur kekinian menjadi menu baru

Makanan kekinian ini ternyata ada di Pekan Budaya Tionghoa. Tambo nggak nyangka bakal ada makanan yang hits dan lagi di cari-cari. Makanan yag dibuat dengan teknologi terbaru ini buat orang-orang penasaran. Nah kamu cukup mengeluarkan uang Rp 15.000/ 2 pcs harga dan rasa ngga buat kamu kecewa.

 

Ice Kepal Milo

Ice Upin Ipin yang ngehits banget ada di Pekan Budaya Tionghoa

https://twitter.com/aimanzhaikal/status/952143883567226880

Ais Kepal Milo ini sedang naik daun lho

Katanya minuman ini berasal dari Malaysia serial kartun Upin Ipin. Semua orang pasti tau Upin Ipin dan tentunya minuman ini juga terkenal. Minuman yang sedang naik daun ini hadir di Pekan Budaya Tionghoa lho, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk mendapatkan satu porsi.

Gimana nih temen-temen makanan dan minumanya sangat menarik ya. Dari yang tradisional buat kangen masa-masa dulu sampai yang kekinian banget ada di Pekan Budaya Tionghoa. Jangan sampai melewatkan Pekan Budaya Tionghoa tahun depan ya.

Leave a Reply

tambo-co-id