Kunci Bahagia : Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Coba berhenti sejenak untuk merenungkan berapa banyak waktu yang sudah kita habiskan untuk fokus pada diri sendiri dan mencintai diri sendiri ? Jika belum, coba baca artikel ini.

Siapa dari kita yang suka memikirkan orang lain namun sebenarnya belum cukup memikirkan diri sendiri ? sampai terkadang malah lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Di dunia ini mungkin kita banyak belajar bagaimana memberikan perhatian atau memberikan kasih sayang untuk orang lain, namun jarang untuk belajar bagaimana untuk mencintai diri sendiri.

Tak jarang juga kita merasa menjadi orang yang paling tidak berguna di dunia. Ditambah dengan stigma kebanyakan orang tentang “beauty standart” yang putih, tinggi, berambut lurus dan lain-lain. Stigma tersebut membuat kebanyakan orang menjadi nggak percaya diri dan depresi. Sebenarnya kunci dari itu semua adalah mencintai telebih dahulu diri kita. Mencintai kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri kita.

Mulailah Dengan Memahami Dirimu Sendiri

www.inovasee.com/

Mencintai dirimu sendiri adalah tau apa yang kamu inginkan, apa yang kamu rasa dan apa yang sedang kamu pikirkan. Kamu paham tentang dirimu dan bertindak dari pengetahuan itu bukan dari kemauan orang lain. Ingat! Mencintai diri sendiri berbeda ya dengan egois dan mementingkan diri sendiri.

Kamu Tau Caranya Bersyukur

dailywomen.com

Ketika kamu mencintai dirimu sendiri kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang terjadi dalam kehidupanmu. Kamu nggak akan pusing ketika jerawat mulai tumbuh dimukamu atau kamu bisa saja tersenyum ketika mereka mengatakan “kamu gendut”. Kamu bisa berpikiran positif atas semua permasalahan yang datang dan bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin. Tak lupa kamu akan merasa dirimu lebih beruntung dari mereka yang suka mem-bully-mu.

Dapat Memberikan Batas pada Diri Sendiri

http://besoksenin.co/

Mencintai dirimu sendiri berarti sudah tau apa yang kamu butuhkan daripada apa yang kamu inginkan. Pada titik itu kamu bisa memberikan batas pada dirimu sendiri. Kamu bisa berkata tidak pada pekerjaan, pertemanan bahkan percintaan yang hanya menguras pikiranmu. Alhasil kamu lebih bahagia dengan pilihanmu dan tidak rugi secara fisik dan emosional. Kamu juga akan lebih percaya diri dan santai dalam menjalani hidup.

Kamu Mendapatkan Teman Sejati dalam Hidup

liputan6.com

Kamu barangkali senang jika berada di tengah-tengah keramaian teman-teman se-grupmu. Namun kamu akan merasa sedih jika mereka tak ada disaat kamu membutuhkan. Ketika kamu mencintai dirimu sendiri, kamu tak akan merasa kesepian jika ditinggalkan. Karena kamu memiliki jiwa dan ragamu sendiri yang menjadi teman sejatimu. Kamu tidak perlu terlalu berfokus pada kehidupan orang lain dan dapat lebih merawat dirimu. Kalau selama ini kamu makan atau jalan-jalan ditemani sang pacar dan merasa tidak nyaman ketika harus pergi sendiri. Ketika kamu mencintai dirimu sendiri kamu bisa menerima aktifitas tersebut walaupun harus sendiri.

Hidup Lebih Bahagia

http://style.tribunnews.com/

Buat kamu yang terlalu keras pada dirimu sendiri, mulailah untuk belajar memaafkan. Kamu belajar bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Ketika kamu berbuat kesalahan, di situlah kamu bisa belajar makna dari kesalahan tersebut dan kesalahan itu menjadi proses pembelajaran untuk dirimu. Ketika kamu sudah bisa berdamai dengan dirimu sendiri, kamu akan hidup lebih bahagia. Kamu bisa menerima dirimu sendiri jika keputusan yang kamu buat ternyata salah. Kamu bisa menerima dirimu sendiri jika rencanamu gagal dan kamu juga akan merasa baik jika dapat berhasil mencapai sesuatu. Apa yang kamu lakukan dan apa hasilnya kamu akan tetap bahagia.

 

Di bulan penuh kasih sayang ini, marilah kita belajar untuk lebih mengapresiasi diri kita. Memberikan reward pada diri kita. Its start with you and only you!