Kuasai Skill ini Jika Tidak Mau Tertatih di Tengah Era Millennial

Dengan kemampuan ini, gak usah takut hidup di era millennial.

Ngerasa gak sih kalau perkembangan ekonomi dunia berubah drastis lebih cepat? Perlahan tapi pasti waktu terasa semakin sempit untuk tetap hidup di posisi yang sama. Perlu perubahan dan peningkatan kualitas, baik dari segi finansial maupun perkembangan diri secara mental. Untuk melakukan perubahan, memilih berbagai macam jejak karir yang mendukung merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk sukses bertahan sebagai generasi millennial. Apa saja sih kemampuan yang dibutuhkan agar tidak tertinggal di belakang pada era ini? Yuk, cermati!

  1. Pemahaman Basis Teknologi Komputer

Kalau kamu ingin memasuki dunia kerja dengan mudah, pastikan kamu mengetahui seluk-beluk teknologi informasi dan komputer. Teknologi ini mencakup sistem operasi, database, dan aplikasi. Kamu juga minimal harus menguasai program dasar seperti Google Docs, PowerPoint, dan Dropbox. Jaga juga data yang tersimpan di dalam komputer dengan meng-install antivirus terbaru. Jangan lupakan aplikasi lain seperti Photoshop untuk menciptakan elemen desain dan bahasa komputer seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Memang bukan ingin menjadi programmer kok, tapi setidaknya harus tau sedikit.

angieslist.com

Pemahaman Teknologi Komputer adalah Dasar

  1. Lakukan Riset dan Aktif dalam Menemukan Jawaban

Sebenarnya, pada zaman sekarang apa sih hal yang tidak dapat ditemukan melalui mesin pencarian? Hampir semua data yang kamu ingin tau sudah ada jawabannya. Sekali-kali kalau menemukan suatu artikel atau data, coba cek terlebih dahulu akurasinya dan saring dari noise tertentu. Coba temukan intisari dari suatu bacaan panjang. Kemampuan pemecahan masalah penting banget dimiliki, apalagi kalau kamu bercita-cita ingin menjadi konsultan. Jangan hanya berpikir di dalam kotak saja, keluarkan kotak dan jangan pernah mencari alasan untuk menghindari masalah.

telegraf.id

Jadilah Problem Solver yang Tahan Banting

  1. Jadilah Manager Diri Sendiri yang Efektif

Pekerjaan apapun zaman sekarang menuntut kemandirian yang tak jarang membutuhkan keefektivitasan tinggi. Udah gak zaman lagi setiap pekerjaan kamu dimonitor onsite. Oleh karena itu, kemampuan mengatur diri sendiri harus diterapkan. Kamu harus bisa mengatur tugas, proyek, jadwal, maupun hubungan komunikasi untuk menunjang karier. Catat keluaran dari tiap pekerjaan yang dilakukan dan cocokkan apakah hasil tersebut sudah mencapai target atau belum. Jangan lupa tetap berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja lain agar misinya tercapai.

dynamiccio.com

Mengatur Diri Sendiri

  1. Tumbuhkan Kesadaran Sosial Budaya

Kalau kamu bekerja di perusahaan multinasional, udah pasti kamu harus bergaul dengan rekan kerja asing yang berkebudayaan berbeda. Sebenarnya hal tersebut menjadi kesempatan dan tantangan untuk mengenal satu-sama lain demi memperluas koneksi. Dengan bergaul bersama orang yang berasal dari Negara berbeda, kamu akan mulai memperluas pemikiranmu tentang opini politik dan nilai tertentu yang ditanamkan pada individu. Kamu juga bisa belajar bahasa asing, kan dengan tiap hari mendengar pembicaraan mereka.

cristanchohr.com

Komunikasi Lintas Bangsa Menjadi Penting

  1. Tingkatkan Produktivitas Waktu

Waktu memang tak dapat dibeli dengan uang. Makanya, manfaatkan waktu dengan potensi yang kamu miliki semaksimal mungkin, apalagi jika kamu ingin menjadi pengusaha. Manfaatkan aplikasi yang tidak mengharuskan kamu untuk datang onsite ke lokasi kerja jika kamu merupakan supervisor. Isi waktu luang dengan hobi yang bermanfaat, kalau bisa juga tetap menghasilkan uang. Pokoknya tiap detik bernilai.

jobhuntersbible.com

Pengaturan Waktu Penting Demi Mencapai Tujuan

  1. Kembangkan Intelejensi Emosional dan Sosial

Pasti kamu selalu menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi sehari-hari. Gak bisa dipungkiri bahwa teknologi sangat diperlukan untuk menghubungkan manusia di berbagai tempat. Sayangnya, komunikasi di dunia nyata jadi berkurang dengan kemunculan berbagai teknologi canggih. Bayangkan bagaimana caranya kamu berkomunikasi dengan lancar di depan klien atau bagaimana mengatur pokok pembicaraan di dunia nyata face to face dengan rekan kerja kita kalau kita hanya terbiasa hidup di dunia media sosial saja. Mulai sekarang, perbanyak latihan berbicara dengan menggunakan manner yang tepat sesuai lawan bicara agar terbentuk kesepakatan dan pemahaman yang diperlukan.

awpnow.com

Kecerdasan Emosi dalam Penanganan Masalah

Sekarang sudah siap kan menaklukan dunia dengan kemampuanmu?