Kehadiran iStow membantu mencegah kecelakaan dalam dunia perairan

Kecelakaan bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Ada banyak faktor yang menyebabkan sesuatu hal mengalami kecelakaan. Kecelakaan bisa disebabkan dari penggunanya atau alat yang digunakan. Hal itulah yang membuat kita harus berantisipasi dan memastikan bahwa keduaanya tidak bermasalah alias baik-baik saja.

google.com

Masuk ke dunia perairan, kecelakaan sering terjadi pada kapal. Kecelakaan kapal biasa terjadi karena perencanaan muatan tidak dilakukan dengan memadai dan perhitungan stabilitas menjadi tidak tepat. Proses perencanaan pemuatan atau stowage planing biasanya dilakukan secara manual, rentan kesalahan dan memakan banyak waktu

 

Fajar

Sebuah inovasi dari Institut Teknologi Sepuluh November oleh Setyo Nugroho memberikan kemudahan baru dalam menyusun muatan pada kapal. Inovasi ini bernama IStow. IStow merupakan piranti lunak stowage planning untuk menata kendaraan di kapal ferry/ ro-ro. IStow dibangun menggunakan  arsitektur client-server yang didalamnya terdapat sistem untuk menyediakan data. Selain itu,iStow Client juga mampu berkomunikasi secara antar muka dan server.
Arsitektur pada client-server memungkinkan pengguna untuk menggunakan iStow ke dalam jaringan. Lingkungan kerja yang mendukung akan memungkinkan pelaksanaan stowage planning secara simultan dari berbagai lokasi melalui jaringan internet. Hal lain yang memudahkan pengguna adalah proses perencanaan di atas kapal atau di lokasi pelabuhan muat dapat dipantau oleh operator di kantor, dan dapat diawasi oleh badan verifikasi atau perusahaan survei di tempat lain. Apabila terjadi kerusakan komputer di atas kapal, stowage planning dan operasi pemuatan harus dilanjutkan tanpa penundaan. Bantuan dari darat menggunakan iStow dapat memungkinkan pengiriman stowage plan, perhitungan stabilitas & kekuatan memanjang, dan standar waktu, untuk mempertahankan operasi yang lancar tanpa penundaan. iStow tidak hanya membantu merancang namun mengantisipasi ketidakstabilan sebuah kapal.

Leave a Reply

tambo-co-id