Hotel Tertinggi di Dunia Ternyata Ada di Purwakarta! Coba Yuk!

Menikmati malam di tepi tebing Gunung Parang dengan menginap di hotel gantung tertinggi di dunia, Indonesia punya!

Tak perlu jauh- jauh ke Peru untuk menikmati sensasi menegangkan nan seru menginap di hotel yang tergantung di tepi tebing yang tinggi. Yup! Di Gunung Parang, Purwakarta telah hadir hotel gantung atau Sky lodge pertama di Asia. Hotel yang dindingnya terbuat dari polycarbonate bening ini menggantung pada ketinggian 500 meter, lebih tinggi dari hotel gantung pertama di dunia yang berada di Peru yaitu hanya 122 meter.

Hotel yang diberi nama Pajajaran Anyar ini telah digagas sejak tahun 2014 oleh para operator via ferrata yaitu Badega Gunung Parang dan Bupati Purwakarta. Bangunan hotel juga turut dirancang oleh tim arsitek ARCTech serta para profesional hingga telah diuji coba pada bulan September 2017. Jadi tak perlu takut dengan keamanannya.

Hotel gantung pertama di Asia ada di Purwakarta

Tapi tak perlu khawatir, untuk bisa menikmati hotel ini di ketinggian kita tidak perlu bersusah payah memanjat layaknya atlet panjat tebing. Tetapi kita bisa menggunakan via ferrata, semacam tangga besi yang ditanam di pinggir tebing untuk memudahkan kita memanjat tebing. Kira- kira butuh 3 jam waktu tempuh untuk bisa sampai ke hotel atau tergantung kecepatan dan daya tahan pengunjung. Kalau kelelahan, ada spot yang dijadikan tempat istirahat pada ketinggian 200 dan 300 meter. Begitu dekat dengan sky lodge, akan ada penyebrangan berupa tyrolean sepanjang 60 meter.

meniti tebing dengan via ferrata

Sky lodge Padjajaran Anyar menyediakan satu kamar berukuran 2,5 x 6 meter dan tinggi 2,4 meter. Tidak perlu takut gelap, karena listrik tersedia disini. Disediakan pula fasilitas televisi, pendingin ruangan, empat kasur single, bantal, selimut, handy talkie, pemanas air listrik, microwave, meja makan, sendok, gelas, air mineral galon, dan toilet portable yang bisa digunakan untuk buang air kecil dan besar. Sayangnya, kamu tidak bisa mandi disini karena air yang ada hanya cukup untuk buang air kecil dan besar saja.

Toilet portabel yang tersedia di dalam hotel

Nah untuk bisa menikmati menginap di hotel yang menggantung di tepi tebing ini, kamu perlu merogoh kocek 4 juta rupiah per malamnya. Pengunjung pun dibatasi dan bisa memesan kamar dengan menghubungi pihak hotel yang tertera pada keterangan bio di akun instagram mereka.

Menikmati hamparan pemandangan dari dalam hotel

Gimana? Tertarik untuk menikmati pemandangan menakjubkan waduk jatiluhur, hamparan sawah, serta kelap- kelip dari lampu rumah- rumah warga ditemani dengan suara merdu hewan- hewan yang tinggal disekitar tebing. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa mendapatkan pemandangan sunrise serta sunset lho!