Takut Gagal Wawancara Kerja ? Ini 5 Trik Lulus Interview Bagi Kamu Para Job Seekers

Fresh Graduate atau pelamar lama yang masih gugup saat tes wawancara. Ini ada tips ampuh buat kamu agar lulus tes wawancara. Pastikan kamu memakai cara-cara ini yaa supaya impianmu berada di perusahaan tersebut tercapai.

Kamu sudah berulang kali gagal dalam tes interview ? Padahal pekerjaan itu yang sudah kamu incar sekian lama dan posisi yang menjanjikan ? Ada yang bilang mungkin itu belum rejekimu. Tapi apa kamu pernah berpikir ternyata ada kesalahan saat kamu tes wawancara ? Barangkali jawaban-jawaban kamu itu tidak sesuai atau malah menyimpang dari pertanyaan.

Bagi kamu job seekers, interview memang penting untuk membantu perusahaan agar mereka mengenal siapa calon pegawai yang akan bekerja pada perusahaan mereka. Tentunya mereka menginginkan kalian yang sesuai untuk posisi di perusahaan tersebut. Kalau kamu nggak mau gagal lagi dalam interview, ini Tambo kasih trik ajaib yang bisa membantu kamu dalam interview.

Harus Percaya Diri adalah Kunci Kesuksesan

http://www.hectv.org

Pewawancara mungkin akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak kamu atau mempertanyakan tentang pekerjaan kamu sebelumnya. Yang harus kamu lakukan adalah tetap percaya diri bahwa kamu pantas berada di perusahaan ini. Tapi ingat bedakan percaya diri dan mengemis saat menjawab pertanyaan. Hindari perkataan seperti “Saya sangat ingin sekali bekerja di perusahaan ini”. Perkataan seperti itu malah terlihat seperti kamu sedang putus asa.

Hindari Memabahas Masalah Tunjangan, Duit dan lainnya

http://i.dailymail.co.uk

Ada perusahaan yang mungkin melakukan tes interview tidak hanya sekali namun berkali-kali. Selama masa itu dan kamu belum fix diterima, hindari menanyakan tentang tunjangan atau yang berbau dengan duit. Hal itu akan terlihat aneh oleh si pewawancara dan bakal menurunkan nilai kamu. Ujung-ujungnya malah kamu nggak akan diterima.

Jangan Bergumam!

https://www.cheatsheet.com

Kalaiu ini interview pertama kamu, mungkin kamu akan sedikit gerogi. Tapi sebenarnya kamu harus menghindari itu apalagi kamu kalau kamu bergumam “hhmmmm…, umm…” sebelum menjawab pertanyaan si pewawancara. Hal itu akan membuat kamu terlihat grogi dan tidak siap dalam wawancara ini. Tunjukkan ke si pewawancara kalau kamu expert di bidang ini dan kamu pantas.

Jual Skill-mu

https://udemy-images.udemy.com

Seringkali muncul pertanyaan seperti “ceritakan tentang dirimu” dan mungkin membuat kamu bingung apa yang harus kamu ceritakan. Untuk menjawab pertanyaan ini kuncinya adalah “jual kemampuanmu!”. Setelah menjelaskan mengenai nama, asal atau organisasi apa yang pernah ikuti, mulailah menceritakan soal kemampuan yang kamu punya. Apalagi yang berkaitan dengan posisi di perusahaan yang sedang kamu incar.

Pintar Memilih Kelemahan

https://img.gawkerassets.com

Ada lagi satu pertanyaan yang bikin bingung kamu untuk menjawabnya, “ceritakan apa kelemahanmu”. Kamu bisa saja jujur atau berbohong. Namun sebenarnya yang harus kamu lakukan adalah memilih kelemahan kamu. Ya, maksudnya disini adalah mana kelemahan yang perlu diceritakan, mana yang nggak perlu kamu ceritakan. Usahakan kamu menceritakan kelemahan yang tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan kamu. Atau bisa juga kamu menceritakan kelemahan yang sudah ada solusinya. Misalnya “saya adalah orang yang tidak fasih berbahasa inggris, tapi kini saya sedang kursus bahasa inggris yang memungkinkan saya lebih baik lagi dalam berbahasa inggris kedepannya”.

 

Itu lah beberapa tips and trik yang bisa kamu gunain sewaktu wawancara kerja. Kamu tetep harus yakin sama kemampuan kamu dan jangan menyerah. Selamat mencoba ya.