Ingin Berbagi Kebahagian Dengan Aktivitas Sosial Bisa Bergabung dengan Komunitas Akar Rumput

Anak muda saat ini mulai sadar bahwa pembangunan bangsa sejak dini dengan membaca buku sangat penting untuk dilakukan. Membaca buku dapat membuka wawasan kita yang jauh dari pengalaman hidup kita. Banyak orang di luar sana ingin membaca buku, namun memiliki keterbatasan untuk tidak bisa melakukannya.

Kota Jogja punya segudang ide dan kreativitas, salah satunya dengan membentuk komunitas terdiri dari kumpulan mahasiswa Jogja. Komunitas ini punya ragam tujuan yang berbeda-beda. Tapi kalau ngomongin soal buku. Ada salah satu komunitas yang punya tujuan untuk mengakar kuat dan memberi manfaat. Nah berikut informasi lebih lengkapnya, baca artikel sampai selesai ya.

Apa Sih Komunitas Akar Rumput Itu?

admin | Tambo

Komunitas akar rumput memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang ada di Kota Jogja. Dari permasalahan sosial hingga permasalahan pendidikan yang diangkat menjadi topik komunitas. Komunitas ini terbentuk sejak  10 Oktober 2015 yang beranggotakan mahasiswa pascasarjana yang berlatar belakang daerah yang beragam dan dari multi disiplin ilmu di UGM. Seiring berjalannya waktu, Akar Rumput mulai bertambah anggotanya yang berasal dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, UNY, Universitas Atma Jaya, dan perguruan tinggi lainnya, serta dari masyarakat Jogja.

Komunitas ini mempunyai slogan yaitu “Mengakar Kuat Memberi Manfaat”, memulai dengan hal yang sederhana namun dilakukan tekun dan senang hati, yaitu membaca buku. Tujuannya adalah untuk membiasakan kegiatan sosial dan membudayakan membaca di ruang publik. Komunitas ini memanfaatkan ruang publik yang disediakan pemeritah Jogja untuk tempat mereka berkumpul.

Kegiatannya apa aja sih?

http://jogja.tribunnews.com/2016/10/20/komunitas-akar-rumput-juga-ingin-berkontribusi-pada-masyarakat

Kegiatan akar rumput Jogja

Kalian pasti penasaran kegiatan komunitas ini apa aja sih? Ada tiga kegiatan utama yaitu perpustakaan jalanan, diskusi mingguan, dan kerjasama. Untuk kegiatan kerjasama ini biasa dilakukan dengan pemerintah daerah maupun sesama komunitas. Menarik sekali walaupun mereka komunitas yang terbilang masih baru tetapi kegiatan yang dilakukan sangat berdampak bagi masyarakat Kota Jogja. Komunitas ini juga menyediakan buku-buku yang bisa kalian baca saat perpustakaan jalanan dibuka. Biasanya komunitas ini membuka perpustakaan jalanan setiap Sabtu setelah Maghrin sampai selesai.

Topik diskusi mingguan Akar Rumput Jogja

http://akarrumputjogja.blogspot.com/search/label/DiskusiMingguan

Beberapa topik yang dibahas saat diskusi mingguan

Ternyata topik diskusi yang diperbincangkan tiap minggunya berbeda-beda lho. Dan yang paling penting topik diskusinya seputar isu-isu hangat yang ada di Indonesia. Menarik sekali untuk kamu yang suka dengan isu-isu di Indonesia untuk bergabung diskusi dan bertukat pikiran. Ternyata diskusi tidak hanya seputar buku dan pendidikan saja, jadi pasti menarik sekali untuk kalian coba.

Donasi buku untuk komunitas yang memerlukan bantuan

Donasi buku ini ditujukan untuk masyarakat di daerah Dlingo, Bantul. Jika kamu mempunyai buku yang tidak terpakai dan masih layak baca, kamu wajib ikut berpartisipasi. Dengan menyumbangkan buku sama saja kamu ikut mencerdaskan bangsa kita.

Gimana kalau pengen daftar menjadi anggota Akar Rumput?

Pasti dari tadi kalian bertanya-tanya gimana sih caranya untuk gabung dalam komnunitas ini? Caranya gampang banget, kamu cukup membuka instagram Akar Rumput Jogja kemudian klik google form pendaftaran. Kamu cukup mengisi dan tunggu kabar dari mereka, mudahkan?

Dari hal kecil kita bisa membantu untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kamu bisa memulainya dengan bergabung dengan komunitas ini lho. Siapa yang sudah gabung dalam komunitas di Jogja? Boleh share komunitasnya apa dan acaranya apa aja?

Leave a Reply

tambo-co-id