9 Kuliner Khas Betawi ini Wajib Kamu Coba Jika Berkunjung ke Jakarta

Wisata ke kota orang sering dilakukan orang-orang untuk mengistirahatkan beban pikiran pekerjaan kantor. Wisata bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa wisata alam, wisata museum, atau wisata kuliner sekalipun. Tentunya disesuaikan dengan budget dan keinginan kamu ya.

Nah kalau tujuan wisata kamu ke Jakarta. Nggak afdol dong kalau kamu nggak cobain makanan khas Betawi. Makanan yang biasanya menghiasi food market di Jakarta. Kalau nggak ada food market, kamu bisa mencari pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman khas Betawi. Nggak susah kok dapetin makanan khas Betawi di daerah Jakarta.

Kali ini Tambo bakal kasih beberap jenis makanan dan minuman yang ternyata kuliner khas Betawi banget nih. Bisa kamu cobain kalau kamu lagi di daerah Jakarta.

Kerak Telor, Makanan Legend Khas Betawi.

 

Makanan khas Betawi yang satu ini udah merambah ke kota-kota lain di beberapa daerah Indonesia. Buat kamu yang nggak lagi di Jakarta dan pengen cobain Kerak Telor bisa datang ke acara-acara kuliner nusantara. Tapi kurang lengkap kalau kamu nggak cobain di tanah Jakarta langsung. Rasa dari Kerak Telor ini asin, gurih, dan buat kamu yang suka pedas bisa ditambah dengan irisan atau bubuk cabe.

Soto Betawi Dengan Kuah Kental Yang Bikin Nagih.

 

 

Belum ke Jakarta kalau kamu belum cobain Soto Betawi daging jeroan dan kuah kental yang nikmat. Saat kamu di Jakarta kamu akan dengan mudah untuk menemui Soto Betawi. Jadi jangan khawatir kalau kamu nggak menemui kuliner khas Betawi yang satu ini.

Nasi Ulam Betawi Ini Beda Dari Nasi Uduk Biasa. 

 

 

Sering dikira nasi uduk biasa, nasi Ulam Betawi punya ciri khas nasi dengan taburan serundeng. Kalau kamu nggak tahu serundeng adalah  makanan yang berbahan dasar parutan kelapa dan rempah-rempah lainnya. Selain itu Nasi Ulam Betawi juga dilengkapi dengan lauk pauk lainnya seperti daging sapi, tempe goreng, dan bihun goreng. Kalau kamu cobain pasti terasa nikmat dan bikin ketagihan.

 

Asinan Betawi Yang Berisi Sayur-Sayuran ini Nikmat Di Santap Siang Hari.

 

 

Pengen yang seger tapi tetap sehat ya cuma makanan Asinan Betawi obatnya. Kamu bisa menghilangkan kering tenggorokan dengan campuran sayur-sayuran segar dan pastinya ditambah dengan saos bumbu kacang pedas. Bikin kamu merasakan segar dan tetap sehat dengan makan Asinan Betawi. Kamu bisa menemukan makanan ini di pedang kaki lima pastinya di daerah Jakarta ya.

Kue Buaya, Kuenya Pengantin Betawi.

 

 

Kue ini pasti sudah terkenal untuk sebagian orang. Biasanya saat mengadakan pernikahan adat Betawi akan disuguhkan Kue Buaya untuk seserahan pengantin wanita. Nah kalau kamu coba-coba bisa buat Kue Buaya di rumah.

Selain makanannya, minuman khas betawi juga segar-segar lho. Cocok sebagai pelepas dahaga di kala panas melanda. Simak yuk apa saja.

 

Es Kolang Kaling yang seger di tenggorokan.

 

 

Es Kolang Kaling khas Betawi bisa kamu temukan di pedang kaki lima daerah Jakarta. Saat matahari di atas kepala dan kamu merasakan dahaga. Kamu bisa mengobatinya dengan Es Kolang Kaling khas Betawi. Kalau kamu lagi libur bisa buat Es Kolang Kaling ini di rumah.

Es Selendang Mayang Bikin Lidah Bergoyang. 

 

 

Es Selendang Mayang ini punya resep rahasia yaitu tepung hunkwe. Es ini akan terasa enak dan lebih kenyal saat kamu memakannya. Ditambah dengan kuah santan yang gurih bikin minuman yang satu ini lengkap dari manis sampai gurih juga ada.

 

Es Goyang Yang Melegenda. 

 

 

Es Goyang sekarang ini punya banyak varian rasa. Beda dengan saat awal Es Goyang muncul hanya dengan satu varian rasa susu dan dilumuri dengan coklat kacang. Kamu bisa dapetin Es Goyang di pedagang kaki lima.

Campuran buah dan es krim jadi Es Doger.

 

 

Siang-siang di tanah Jakarta pasti buat kamu merasa gerah dan pengen minum es krim. Nah minuman Es Doger jadi salah satu minuman khas Betawi yang wajib kamu coba. Kamu nggak perlu susah-susah untuk dapetinnya. Cukup dengan mencari pedagang kaki lima yang menjual Es Doger dan kamu cobain deh.

Kamu tertarik yang mana nih? Selamat mencoba.

Leave a Reply

tambo-co-id